Home > Uncategorized > Mengenal Design Research

Mengenal Design Research

Strategi pembelajaran memiliki hubungan dengan bagaimana cara untuk menyampaikan materi pelajaran agar seseorang bisa belajar. Cara-cara yang digunakan harus direncanakan secara terstruktur untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Strategi yang digunakan diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan menumbuhkan sikap positif siswa terhadap pembelajaran matematika. Siswa tidak hanya mampu menyelesaikan masalah matematika, namun juga mampu merancang model matematika dari masalah yang dihadapi serta menafsirkannya menjadi masalah yang bisa mereka mengerti. Peran guru dan peneliti bidang pendidikan dalam hal ini adalah menjadi fasilitator bagi siswa agar mampu menaiki jembatan (scaffolding) dari tahap informal menuju tahap formal.

Proses bimbingan tersebut dapat dilakukan dan diteliti melalui design research. Design research dapat digunakan untuk penelitian yang memiliki fungsi untuk merancang (to design) atau mengembangkan (to develop) suatu intervensi dengan tujuan untuk memecahkan masalah yang kompleks dalam bidang pendidikan serta untuk mengembangkan pengetahuan tentang karakteristik intervensi yang dilakukan dan proses perancangan atau pengembangan intervensi tersebut (Akker, 2006). Design research dapat diterapkan untuk penelitian pengembangan program pendidikan dan pelatihan, pengembangan kurikulum serta pengembangan model pembelajaran di kelas. Ketika sebuah penelitian menempatkan proses desain sebagai bagian yang penting, maka penelitian tersebut dapat dikatakan sebagai design research.

Karakteristik design research antara lain:

  • penelitian bertujuan untuk merancang suatu intervensi dalam dunia nyata;
  • penelitian menggabungkan pendekatan siklikal (daur) yang meliputi perancangan, evaluasi dan revisi;
  • hasil pengukuran evaluasi akhir diabaikan, tetapi difokuskan pada pemahaman siswa dan pengembangan model intervensi;
  • keunggulan dari rancangan diukur untuk bisa digunakan secara praktis oleh pengguna; serta
  • rancangan dibangun didasarkan pada prototyping awal kemudian dilakukan pengujian lapangan untuk memberikan validasi pada teori.

Dalam design research,proses pelaksanaan penelitian dipandu oleh suatu instrument yang disebut ‘hypothetical learning trajectory’ (HLT) sebagai perluasan dari percobaan pikiran (tought experiment) yang dikembangkan oleh Freudenthal. Simon (Bakker, 2004) mendefinisikan HLT sebagai berikut :

The hypothetical learning trajectory is made up of three components: the learning goalthat defines the direction, the learning activities, and the hypothetical learning processa prediction of how the students’ thinking and understanding will evolve in thecontext of the learning activities.

HLT terdiri dari tiga komponen : tujuan pembelajaran yang mendefinisikan arah (tujuan pembelajaran), kegiatan belajar, dan hipotesis proses belajar untuk memprediksi bagaimana pikiran dan pemahaman siswa akan berkembang dalam konteks kegiatan belajar.

HLT digunakan sebagai bagian dari apa yang disebut siklus mengajar matematika (mathematical learning cycle) untuk satu atau dua pembelajaran, atau bahkan untuk lebih dari dua pembelajaran. HLT dapat menghubungkan antara teori pembelajaran (instructional theory) dan percobaan pembelajaran secara konkrit. HLT digunakan untuk membimbing proses percobaan pembelajaran agar sesuai dengan spesifikasi materi dan hipotesis pembelajaran yang sudah ditentukan dalam bentuk HLT.

HLT berperan pada setiap tahapan design research (Bakker, 2004), yaitu:

  • Tahap Preparation and design: pada tahap ini, HLT dirancang untuk membimbing proses perancangan bahan pembelajaran yang akan dikembangkan dan diadaptasi. Konprontasi antara pemikiran umum dengan kegiatan konkrit sering mengarah pada HLT yang lebih spesifik. HLT dirancang selama tahap preparation and design.
  • Tahap Design Experiment: selama percobaan pembelajaran, HLT berfungsi sebagai pembimbing (guideline) untuk guru dan peneliti apa yang akan difokuskan dalam proses pembelajaran, wawancara dan observasi. Peneliti dan guru perlu menyesuaikan HLT dengan kegiatan pembelajaran untuk pertemuan pembelajaran. Dengan HLT, proses penelitian dan pengembangan bisa lebih efisien. Perubahan dalam HLT biasanya dipengaruhi oleh kejadian di kelas yang belum dapat diantisipasi, strategi yang belum terlaksana, serta kegiatan yang terlalu sulit untuk dilaksanakan. Perubahan HLT dilakukan untuk menghasilkan kondisi yang optimal dan merupakan bagian dari data yang akan dianalisis. Perubahan HLT harus dilaporkan untuk mendukung proses pembentukan teori. HLT dapat berubah selama tahap teaching experiment.
  • Tahap Restrospective Analysis: pada tahap ini, HLT berperan sebagai petunjuk dalam menentukan fokus analisis bagi peneliti. Karena prediksi dibuat berkaitan proses belajar siswa, maka peneliti dapat membandingkan antisipasi dari prediksi melalui observasi selama percobaan pembelajaran (teaching experiment). Analisis seperti ini, menyangkut saling mempengaruhi antara HLT dan dan pengamatan empiris dapat menjadi dasar pembentukan teori. Setalah tahap ini, HLT diformulasikan kembali berdasarkan hasil temuan observasi dan analisis yang dilakukan. HLT yang baru akan menjadi petunjuk pada tahap rancangan (design phase) berikutnya.

Dengan begitu, HLT merupakan bentuk konkrit atau pengkonkritan teori pembelajaran. Sebaliknya, teori pembelajaran dibentuk dari pengembangan HLT. Karena HLT, memuat tiga komponen, yiatu tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan hipotesis pembelajaran, maka kebaradaannya sangat penting dalam seluruh tahapan design research.

 

DAFTAR PUSTAKA

Akker, J.et al., (2006). “Introducing Educational Design Research”, dalam EducationalDesign Research. NewYork : Routledge

Bakker, Arthur (2004). Design research in statistics education: On symbolizing and computer tools. Desertasi Doktor pada Utrech University : Freudenthal Institute

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: