Entertainment

Di manakah Si Janggut Merah Menyimpan Harta Karunnya?

Janggut Merah adalah seorang bajak laut yang kejam. Pada zamannya para pelaut dan pedagang sangat takut terhadapnya. Setiap kali bertemu dengannya tidak ada kapal yang lolos. Semua habis dibajaknya. Janggut Merah menyimpan hartanya di sebuah pulau terpencil di Laut Utara, Pulau Maanvis namanya. Dalam bahasa Belanda disebut Maanvis Eiland (Pulau Bulanikan). Selama ratusan tahun cerita Janggut Merah menjadi legenda. Namun, baru-baru ini seorang nelayan secara tak sengaja menemukan Pulau Maanvis, dan menemukan sebuah peta di sana. Peta itu diduga berisi petunjuk tempat Janggut Merah menyimpan harta karun hasil bajakannya.

Dengan menggunakan potongan kertas sebagai pengukur dan petunjuk arah mata angin, tentukanlah titik tempat Janggut Merah mengubur harta karunnya.

Kalau Anda sudah berhasil menemukan titik lokasi harta karun, buatlah petunjuk arah yang baru untuk bisa sampai ke lokasi itu. Petunjuk arah itu diperlukan karena Pulau Maanvis tidak berpenghuni selama ratusan tahun, dan tertutup hutan yang sangat lebat. Yang bisa dilakukan hanyalah menyusuri daerah di dekat pantai. Jangan mencoba berenang di laut di sekitar Pulau Maanvis, karena banyak ikan hiu ganas yang siap menyerang.

Muatan Matematika

Bapak dan Ibu guru dapat menggunakan cerita di atas sebagai kegiatan dalam pembelajaran matematika. Sebelum masuk ke soal Pulau Maanvis, anak-anak diajak bermain berpasangan untuk menentukan arah. Caranya adalah seorang anak diminta berperan sebagai sopir (driver) dan harus menutup mata, sementara temannya berperan sebagai pengarah (navigator) yang memberikan arahan dengan kata-kata. Navigator menentukan tujuan yang ingin dicapai tanpa diketahui sopir. Perintah yang diberikan navigator kepada driver hanya dengan kata-kata (misalnya: maju 5 langkah, bergerak ke kanan 2 langkah, empat langkah ke kiri, mundur 1 langkah, dlsb) sampai tujuan tercapai.

Kegiatan pendahuluan ini memberikan pemahaman mengenai arah dan jarak. Setelah kegiatan ini Bapak/Ibu guru dapat melakukan refleksi mengapa ada pasangan yang gagal mencapai tujuan, dan mengapa ada pasangan yang berhasil.

Masalah Pulau Maanvis juga memberikan pemahaman kepada anak mengenai arah dan jarak pada tahapan informal hingga formal (tergantung pada tahap berfikir anak) . Pada peta yang diberikan terdapat petunjuk arah mata angin dan jarak yang harus ditempuh sesuai dengan skala yang terdapat di peta (di sini anak-anak diajak memahami pengertian skala). Siswa juga belajar bagaimana menentukan denah letak benda dan bisa mengantarkan siswa ke pemahaman sistem koordinat. Setelah kegiatan ini, guru akan mudah membawa siswa ke pengertian letak suatu titik pada sistem koordinat kartesius. (SH, IP-PMRI)

Sumber:

Next page :

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: